Pangandaran Beach

Liburan tahun baru ini, gue dan keluarga berpetualang mengitari Pulau Jawa. Tujuan pertama kami adalah Pantai Pangandaran di Jawa Barat.

pangandaran1.jpg

Ngapain susah-susah pergi ke luar negeri untuk bermain di pantai kalau kita masih punya Pantai Pangandaran di negeri sendiri. Tempat ini dulu pernah menjadi korban tsunami. Tapi dengan cepat masyarakat di sini pulih dari musibah tersebut hingga sekarang hampir tidak ada bekasnya sama sekali.

Selain pantai yang indah seperti yang ada di foto di atas, Pangandaran juga memiliki sebuah cagar alam yang cantik. Kawasan yang cukup luas ini dihuni oleh berbagai hewan yang tinggal di sana dengan bebas. Seperti monyet dan rusa. Tapi hati-hati dengan monyet-monyet di sini ya, karena mereka suka mencuri barang-barang kita yang disangkanya makanan. Seperti monyet kecil di bawah ini yang mencuri gantungan monyet Kipling berwana pink milik seseorang yang malang.

pangandaran2.jpg

Selain monyet, di sini juga ada banyak sekali rusa. Di malam hari, kalau kalian beruntung, kalian mungkin akan menemukan rusa-rusa berkeliaran bebas di tepi pantai. Bila kalian berhati-hati mendekatinya, kalian bahkan mungkin bisa menyentuhnya atau memberinya makan.

pangandaran5.jpg

Tidak terlalu tertarik dengan wisata alam? Tenang saja, masih banyak hal menarik lainnya yang bisa kalian lakukan di sini. Misalnya, kalian bisa menyewa body board untuk bermain di pantai. Alat ini bisa dimainkan hampir seperti papan surfing, hanya saja kalian tidak berdiri di atasnya, melainkan tiduran. Lebih mudah, tapi tidak kalah menyenangkannya.

pangandaran4.jpg

Kalau kalian sudah lelah bermain di pantai seharian, di malam hari kalian masih bisa bermain odong-odong atau betrik (motor bebek elektrik) yang bisa disewa dengan harga rata-rata Rp 50.000 / jam. Lebih seru bermain ini di malam hari, karena kendaraan yang kece ini dilengkapi dengan lampu-lampu hiasan yang lucu. Lengkap dengan sound system yang memutar lagu sepanjang perjalanan kalian. Tapi pilihan lagunya tergantung stok yang dimiliki si abang ya.

pangandaran6.jpg

Lalu untuk menutup liburan dengan meriah, jangan lupa pergi ke pasar ikan untuk makan hidangan laut segar yang luar biasa nikmatnya. Ada berbagai macam ikan, udang, cumi bahkan kepiting dan lobster yang bisa kalian pilih. Kalian pun bisa memilih cara memasaknya seperti yang kalian suka: goreng tepung, saos padang, saos tiram, goreng mentega dan lain-lain.

pangandaran7.jpg

Overall, kalau kalian mencari tempat liburan yang murah meriah, dekat dan seru, Pantai Pangandaran bisa menjadi salah satu pilihannya.

Sekian dulu cerita gue di Pangandaran. Tunggu cerita-cerita berikutnya selama roadtrip gue minggu ini. Ciao!

PS: For more beautiful photos of Pangandaran, please follow my Instagram @hi_hil.
 

Spread love, not hatred…

 

hiLda

Leave a comment