Creating Magic With Words

218321_0_kursus_menulis_writing_courseSeseorang pernah bertanya ke gue: “Emang lo ada background sastra ya, Hil?”.

Gue cuma ketawa dan bilang: “Enggak ada.”

Well, gue memang enggak pernah belajar sastra secara formal kecuali dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Tapi apakah itu menghalangi hobi gue untuk nulis? I guess not.

Sastra adalah seni dalam bahasa. Sedangkan tulisan gue adalah emosi yang tertumpah dalam kata-kata. Gue enggak tahu banyak tentang sastra. Yang gue tahu cuma mencurahkan apa yang ada di dalam pikiran gue untuk menciptakan keajaiban buat para pembaca. Keajaiban yang tertuang dalam kata-kata. As simple as that.

Although, isn’t it great? I feel like a wizard in a magical world! Karena gue bisa menciptakan sebuah dunia baru walaupun itu hanya dalam lembaran-lembaran kertas. A world that can be or will be. Depending on your point of view. Dan dunia itu bisa menembus tembok-tembok pembatas dalam pikiran kita. Because your world is only as small as your imagination. So If you cannot imagine something big, it will just stay as small.

Mau enggak mau, dengan menulis gue pun memperluas imajinasi gue. Gue mempelajari karakter orang lain. Gue mempelajari situasi dan konflik di sekitar gue. Apa yang akan orang itu lakukan bila masalah ini terjadi? Apa yang akan orang itu katakan dalam situasi seperti ini? Apa yang akan terjadi bila orang itu berbuat begini? Banyak… Banyak sekali buah pemikiran yang rasanya gatal banget pengen gue tuangkan dalam sebuah cerita dan gue bagi ke kalian semua. Yang pasti, itu semua memperkaya diri gue. Dan gue harap itu pun akan memperkaya kalian semua.

Jadi, itulah yang kenapa gue suka menulis. Itulah yang bikin gue suka menciptakan sebuah cerita. Buat kalian semua yang ingin menjadi seorang penulis, jangan pernah menyerah. Setiap cerita hidup kalian itu unik. Dan gue yakin, akan ada orang di luar sana yang merasa terberkati setelah membaca cerita kalian.

Don’t limit yourself. Make magic with your own hands.

 

Spread love, not hatred…

hiLda

 

Leave a comment